Menu

Abai Tuntutan Muslim, Pemkab Gunungkidul Belum Tutup Goa Maria Illegal Giri Wening

Sabilillah.net ~ Keberadaan Gua Maria Giriwening, Dukuh Sengonkerep, Kelurahan Sampang, Kecamatan Gedangsari. Kabupaten Gunungkidul, DIY sudah sejak tahun 2012 silam ditolak keberadaannya oleh masyarakat sekitar. Namun aspirasi masyarakat agar situs tempat ibadah ilegal itu ditutup sampai tahun ini belum juga menampakkan tanda-tanda direspon.

Seperti dirilis sesawi.net Goa Maria Giriwening sudah dibangun dan dipakai sejak tahun 2009. Selayaknya bangunan apapun harus memiliki ijin dulu baru dibangun lantas dipakai, namun sampai saat ini belum memiliki ijin. Tempat wisata yang difungsikan sebagai gereja ini dirintis pembangunannya sejak 16 September tahun 2009 dan Tanggal 6 November 2009 dilangsungkan misa perdana di lokasi gua tak berijin ini dimana dua imam dari Kongregasi Hati Kudus Yesus (SCJ) memimpin ekaristi. Mereka adalah YR Susanto SCJ dan G. Zwaard SCJ.

Masyarakat Sampang Tetap Toleran

Sebenarnya masyarakat Sampang menghargai siapapun untuk berdibadah, faktanya di Giri Wening sendiri sudah ada kapel yang bebas untuk digunakan beribadah. Hingga saat mulai dibangun Gua Maria tersebut ketenangan masyarakat mulai terusik ditambah pembangunannya tanpa ijin terlelebih dahulu.

Kamis (9/7/2015) Dua orang perwakilan warga sampang menanyakan kembali sejauh mana aspirasi mereka direspon pejabat pemerintah Kab. Gunungkidul, dengan ditemani advokat dan beberapa tokoh. Di komplek Pemda Gunungkidul mereka ditemui Tomy Harahap, SH M.Hum selaku Asek I dan jajaran Pejabat Pemkab Gunungkidul. Dalam audiensi yang panjang itu, Suparman salah seorang perwakilan warga Sampang menanyakan : Mengapa sejak masyarakat menolak keberadaan Gua Maria tahun 2012 lalu, sampai detik ini tidak ditutup.

Dua perwakilan warga Sampang dan segenap peserta audiensi mempertanyakan lambannya perhatian dan kinerja Pemkab Gunungkidul terkait aspirasi masyoritas warga sampang tersebut.

 

Bagikan:
.NET Sabilillah.NET merupakan media Islam yang terbentuk sebagai perlawanan terhadap hoax, bertujuan memperkaya khasanah informasi keislaman dengan Islamic World View.

No comments

Leave a Reply

Follow me on Twitter