Menu

Galakkan Subuh Berjamaah, Kajian Sabtu Pagi UMY Membludak!

Yogyakarta ~ Kajian Sabtu Pagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KSP UMY) sebenarnya telah ada terlebih dahulu sebelum adanya spirit 212. Belakangan ini keberadaannya semakin semarak, karena terdorong adanya spirit 212. Kegiatan ini dinisiasi oleh Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI). Kemudian penyelenggaraannya dilaksanakan tiap bulan oleh KSP UMY.

Semenjak adanya spirit 212, peserta Kajian Sabtu Pagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta semakin meluas ke masyarakat umum di sekitaran kampus UMY. Mereka berdatangan mulai jam 02.30, sekalian mengerjakan shalat tahajud. Bahkan ada jama’ah para santri dan para ustadz dari Pondok Pesantren Asy-Syifa’ Bambanglipuro.  Mereka datang jam 03.30 menggunakan bus dan mobil. Sementara jama’ah masyarakat sekitar kampus berdatangan menggunakan motor dan berjalan kaki.

pengajian sabtu pagi umy

Kajian Sabtu Pagi diadakan di Masjid Kyai Haji Ahmad Dahlan UMY yang letaknya ada persis di tengah-tengah kampus. Kajian Sabtu Pagi tanggal 18 Februari 2017 ada penambahan jumlah peserta atau jama’ah, dibanding dengan KSP bulan lalu. Lantai atas masjid penuh dengan jama’ah puteri. Lantai bawah masjid penuh dengan jama’ah putera. Pihak penyelenggara memperkirakan yang hadir seribu orang, tapi ini hampir dua ribu orang.

Sebagai wakil dari LPPI UMY, Ustadz Chusnul Azhar berharap, bahwa kegiatan ini bisa menjadi salah satu simpul gerakan subuh berjama’ah, khususnya di Yogyakarta bagian tengah-barat. Maka ia akan terus mensyiarkan kegiatan KSP ini hingga ke jangkauan yang lebih luas.

Nara sumber atau penceramah KSP kali ini adalah Prof. Dr. Yunahar Ilyas sebagai Pembantu Rektor UMY dan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dalam ceramahnya ia memberikan beberapa poin untuk menjadi umat pemenang. Yaitu, umat Islam harus memiliki sikap istiqamah, selalu ingatkepada Allah, bersatu dan kompak dalam satu komando, sabar, serta ikhlas di dalam berjuang.

Setelah rangkaian acara KSP selesai, para jama’ah disediakan sarapan soto pagi bersama-sama dalam suasana bersahaja. Untuk KSP bulan lalu, penyelenggara membagi-bagikan bingkisan berupa beras dua kilo gram kepada para jama’ah. (b&b)

Bagikan:
.NET Sabilillah.NET merupakan media Islam yang terbentuk sebagai perlawanan terhadap hoax, bertujuan memperkaya khasanah informasi keislaman dengan Islamic World View.

No comments

Leave a Reply

Follow me on Twitter