Menu

Humas Polres Bantul : Massa FJI meninggalkan Gereja Saman dengan Aman dan Tertib

Selasa, 14 Juli 2015 pukul 15.00 Wib, Gereja Babtis Indonesia (GBI) Saman jalan Dirgantara Rt 01 Dusun Saman Bangunharjo Sewon Bantul didatangi massa FJI dipimpin oleh Abdurrohman. Massa FJI mendatangi Gereja Baptis Indonesia (GBI) Saman terkait masalah gereja yang tidak memiliki izin. Setelah melalui perundingan yang alot massa FJI meninggalkan lokasi dengan tertib dan menyerahkan permasalahan gereja ilegal tersebut kepada Sat Pol PP untuk menyegelnya.

Tuntutan FJI yaitu agar Gereja GBI Saman tidak difungsikan lagi sebagai tempat ibadah dan segala atribut yang berupa plakat gereja dan atribut lainnya agar dilepas. Sementara itu ratusan polisi yang sudah berada dilokasi terlebih dahulu bersiap siaga membentuk pagar betis mencegah massa ormas menuju gereja. Aparat menghentikan kendaraan ormas.

FJI menilai gereja ilegal yang izin bangunannya tidak ada, tentu sudah menjadi tanggung jawab pejabat terkait untuk ditindak tegas. Bukan malah diamankan oleh pihak berwajib.

Dalam rilis Humas Polres Bantul, mereka menyebutkan pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian dengan menghalangi niat FJI di gereja ilegal tersebut menunjukkan bahwa Kepolisian tidak tahu hukum karena melindungi tempat ibadah illegal.

Harianjogja menyebutkan, Puluhan massa FJI mendatangi Dusun Saman, Desa Bangunharjo, Sewon Bantul lokasi gereja Baptis Indonesia berada. Namun sejak Pukul 14.00 WIB, lebih dari 100 personil kepolisian dari Polsek Sewon dan Polres Bantul telah berjaga di lokasi.

Masih dalam rilis Humas Polres Bantul, Terkait tuntutan FJI tersebut di tanggapi oleh Kapolsek Sewon Kompol Heru Setiawan bahwa Polri tidak mempunyai kewenangan menurunkan simbo-simbol gereja. Selanjutnya FJI akan menyerahkan permasalahan ini ke Sat pol PP untuk menindak lanjuti pelanggaran perijinan rumah menjadi gereja dan meminta Sat Pol PP untuk menyegel Gereja GBI Saman. (http://humaspolresbantul.blogspot.com/2015/07/massa-fji-datangi-gereja-gbi-saman.html)

Kemudian massa FJI di himbau serta diarahkan untuk menemui Sat Pol PP dan dinas Perijinan untuk menyampaikan permintaanya. Setelah melalui perdebatan yang cukup alot akhirnya massa FJI bisa menerima penjelasan Kapolsek Sewon Selanjutnya pada pukul 17.40 wib, rombongan FJI meninggalkan lokasi menuju markasnya dalam keadaan aman tertib.

Bagikan:
.NET Sabilillah.NET merupakan media Islam yang terbentuk sebagai perlawanan terhadap hoax, bertujuan memperkaya khasanah informasi keislaman dengan Islamic World View.

No comments

Leave a Reply

Follow me on Twitter