Menu

Milad, Natal dan Budaya Kaum Kafir

Parapembaca tentu tidak asing dengan kata “milad”, arti kata milad pun sudah banyak diketahui lantaran kata ini semakin poluler saja dari hari ke hari. Di jejaring sosial maupun di acara-acara organisasi.

“Met milad broder?” atau “Met milad sist!”

Beberapa kata itu atau kata yang mirip, tentu pernah pembaca temukan di jejaring sosial.

Milad? Apa sih arti milad. Milad adalah hari lahir yang berasal dari bahasa Arab. Kalau dalam bahasa jawa kemudian diadopsi menjadi muludan. Kata milad sendiri sudah sering digunakan untuk menggantikan Ulang Tahun. Selamat milad, selamat ulang tahun. Happy birthday!

Sedangkan “natal”, natal ialah hari lahir yang dikhusukan untuk memperingati kelahiran yesus dalam agama nasrani di setiap tahunnya.

Perayaan ulang tahun, milad ataupun natal prinsipnya memperingati hari lahir. Ulang tahun biasa digunakan orang kebanyakan, milad yang berbau islami juga untuk merayakan hari lahir, dan natal untuk memperingati hari lahir Yesus oleh orang-orang kafir.

Jika hal ini merupakan tidakan yang menyerupai orang kafir. Meyerupai kaum kafir itu dilarang dalam Islam, adapun larangan tasyabbuh disebutkan dalam hadits dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031. Syaikhul Islam dalam Iqtidho‘ 1: 269 mengatakan bahwa sanad hadits ini jayyid/bagus. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَشَبَّهَ بِغَيْرِنَا

Bukan termasuk golongan kami siapa saja yang menyerupai selain kami” (HR. Tirmidzi no. 2695. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

 

Bagikan:
.NET Sabilillah.NET merupakan media Islam yang terbentuk sebagai perlawanan terhadap hoax, bertujuan memperkaya khasanah informasi keislaman dengan Islamic World View.

No comments

Leave a Reply

Follow me on Twitter