Menu

Muhammadiyah Dirikan Universitas Baru di Kota Bandung

BANDUNG, Sabilillah.NET — Oded M. Danial, Wakil Wali Kota Bandung menghadiri peletakan batu pertama pembangunan kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) di Jl. Soekarno Hatta Bandung, Ahad (15/10). Wakil Wali Kota Bandung mengatakan, dengan dibangunnya UMB di Bandung maka bertambah lagi perguruan tinggi. Oded berharap dengan hadirnya tempat pendidikan tersebut dapat memberikan kontribusi dalam pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa .

Alhamdulilah Muhammadiyah Kota bandung mendirikan universitas yang baru. Hadirnya lembaga pendidikan baru khususnya muhammadiyah bisa memberikan kontribusi dalam pendidikan, yang terpenting lembaga pendidikan tersebut bisa bermanfaat untuk anak bangsa,” tuturnya seperti dalam siaran pers.

Ia berharap hadirnya Universitas Muhammadiyah Bandung menjadi universitas yang berkualitas dan mampu menghadirkan SDM berkualitas secera intelektual dan spiritualnya.

Insya Allah hadirnya lembaga pendidikan ibu bisa memberikan yang terbaik, bisa bermanfaat dan lulusannya yang berkualitas,”tutur Wakil Wali Kota Bandung.

Sementara itu menurut Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, hadirnya kampus baru bisa memberikan inspirasi yang lebih.

“Semoga kampus ini menginspirasi apalagi dengan desain arsitektur modern. Saya yakin Muhammadiyah akan menjadi perguruan tinggi yang berkualitas,” ujar Menteri Nasir saat memberikan sambutannya.

Selain itu, ia meminta kepada kampus-kampus untuk menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru, agar menjadi penggerak ekonomi masyarakat Indonesia di masa mendatang.

“Ini yang dibutuhkan oleh kita dan menjadi hal yang sangat penting dalam World Economic Forum,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung, Suyatno mengatakan kampus yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung ini merupakan pengembangan dari kampus sebelumnya di Jalan Turangga.

Nantinya, kampus yang memiliki luas 1,4 hektar ini akan memiliki empat gedung dengan pembangunan secara bertahap. Pada tahap pertama akan dibangun gedung perkuliahan serta rektorat dengan anggaran Rp150 milyar. Sementara, total biaya seluruh pembangunan mencapai Rp 350 milyar.

“Setelah selesai, kita akan pindahkan seluruh mahasiwa di kampus lama ke sini. Kalau di kampus lama hanya bisa menampung 350 orang, di kampus baru bisa hingga 10.000 orang,” katanya.

Ia pun berharap, pembangunan ini dapat berjalan sesuai rencana dan tidak mengalami hambatan apapun. Juga, UMB ini diharapkan mampu menjadi bagian dari kontribusi bagi pendidikan di Indonesia.

Sumber : Republika

Bagikan:
.NET Sabilillah.NET merupakan media Islam yang terbentuk sebagai perlawanan terhadap hoax, bertujuan memperkaya khasanah informasi keislaman dengan Islamic World View.

No comments

Leave a Reply

Follow me on Twitter