Menu

Permainan yang Membantu Kemampuan Motorik Anak

Sabilillah.NET ~ JAKARTA — Permainan yang Membantu Kemampuan Motorik Anak . Untuk membantu mengasah kemampuan motorik anak, para orang tua dapat membuat permainan dengan bahan dasar terigu untuk membuat clay. Umumnya¬† lilin mainan banyak dijual, dan digunakan oleh anak-anak untuk membuat beragam bentuk keinginannya, tapi akan lebih baik membuat bahan sendiri karena lebih aman.

“membuat clay hanya pakai tepung terigu, tepung ketan dan tepung sagu, lem, soda kue dan pewarna makanan,” terang mahasiswa asal Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara Jakarta, Siskawati di Jakarta.

Untuk dapat menghasilkan clay seukuran genggaman tangan orang dewasa, langkah-langkah dalam membuatnya adalah campurkan satu sendok teh tepung terigu, satu sedok teh tepung ketan, dua sendok tepung sagu, lem, soda kue sedikit saja hanya seujung sendok, kemudian pewarna makanan sesuai keinginan.

“Tepungnya bisa pakai brand apa saja, agar tetap lembab, clay dimasukkan dalam suatu wadah. Nanti kalau ingin dikeringkan, hanya tinggal diangin-anginkan saja, kalau dia tipis malahan akan cepat kering,” ujar mahasiswa semester lima itu.

Untuk kemampuan motorik halus, sebagai keampuan yang membutuhkan kontrol yang kuat terhadap otot-otot halus khususnya yang termasuk dalam kordinasi mata-tangan dengan tingkat presisi yang tinggi. Capaian Kemampuan ini dapat dikembangkan dengan bermain konstruktif.

Ada dua jenis permainan konstruktif menurut Wolfgang, yang bisa menggembangkan kemampuan sensorimotorik, yaitu bermain konstruktif dengan bahan yang sifatnya cair, dan konstruktif terstuktur. Clay adalah salah satu bahan bermain konstruktif yang sifatnya cair.

Sumber : Republika

Bagikan:
.NET Sabilillah.NET merupakan media Islam yang terbentuk sebagai perlawanan terhadap hoax, bertujuan memperkaya khasanah informasi keislaman dengan Islamic World View.

No comments

Leave a Reply

Follow me on Twitter