Menu

The Jakarta Post : JIL Gagal Total

Sabilillah.net ~ Situs berita online lokal berbahasa Inggris, The Jakarta Post merilis sebuah opini oleh salah seorang staff penulisnya tentang kegagalan proyek “Jaringan Islam Liberal”. Ary Hermawan, sang penulis menyebutkan dalam paragraf pertama tulisannya tersebut : One of the main reasons the “Islam Liberal” project is a total failure is that its advocate, the Liberal Islam Network (JIL), is doing a terrible job at marketing itself.

Ary menyebutkan, sudah satu dekade, setelah Ulil Abshar Abdalla salah satu pendiri JIL menulis opini “Menyegarkan Kembali Pemahaman Islam” (Refreshing Islamic Understanding). Orang tidak percaya JIL. dalam artikelnya Ary menyebut orang sangat curiga dengan JIL.

Wikipedia merilis bahwa Islam Liberal di Indonesia muncul sejak Nurcholis Madjid yang memelopori gerakan firqah liberal bersama dengan Djohan Efendi, Ahmad Wahib dan Abdurrahman Wachid. Nurcholis Madjid sudah memulai gagasan liberalnya sejak tahun 1970-an. Saat itu ia telah menyuarakan pluralisme agama dengan menyatakan: Rasanya toleransi agama hanya akan tumbuh di atas dasar paham kenisbian (relativisme) bentuk-bentuk formal agama ini dan pengakuan bersama akan kemutlakan suatu nilai yang universal, yang mengarah kepada setiap manusia, yang kiranya merupakan inti setiap agama.

Tanggapan JIL

Sementara itu, Luthfi Assyaukanie salah satu pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) menanggapi tulisan tersebut di situs resmi JIL, islamlib.com

Pria kelahiran 27 Agustus 1967 ini dalam tulisannya yang berjudul “Benarkah JIL Mempengaruhi Muhammadiyah dan NU?” di paragraf pertamanya mengungkapkan bahwa pascamuktamar dua ormas besar, banyak yang menidia yang menilai JIL. Lutfi menulis, salah satu media mengatakan bahwa JIL gagal total.

Luthfi yang juga pengajar di Universitas Paramadina, serta deputi direktur di Freedom Institute menulsikan dalam tanggapannya Tulisan di the Jakarta Post yang berjudul “Like JIL, Islam Nusantara has marketing problem”secara sempurna menggambarkan kegagalan JIL. Tulisan yang bernada insinuitif ini, menegaskan bahwa JIL sejak semula diciptakan untuk gagal.

Bagikan:
.NET Sabilillah.NET merupakan media Islam yang terbentuk sebagai perlawanan terhadap hoax, bertujuan memperkaya khasanah informasi keislaman dengan Islamic World View.

No comments

Leave a Reply

Follow me on Twitter