Menu

UMY Hibahkan Mobil Keren Ini kepada MDMC

Yogyakarta Sabilillah.NET — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menghibahkan mobil bagi Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). UMY memberikan hibah mobil bertujuan mendukung MDMC dalam melakukan proses penanggulangan bencana.

Gunawan Budiyanto, Rektor UMY menuturkan, UMY tidak bisa dilepas dari proses berdirinya MDMC, mengingat lembaga ini sudah aktif dalam penanggulangan bencana sejak Tsunami Aceh. Maka itu, hibah Mitsubishi Strada jadi bentuk tanggungjawab UMY membantu MDMC.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab UMY untuk membantu peran MDMC dalam penanggulangan bencana,” kata Gunawan di Ruang Sidang UMY, Senin (21/8) lalu.

UMY telah juga meresmikan Pusat Studi Lingkungan dan Bencana (PSLB), yang dirasa perlu untuk mengantisipasi dan melakukan pelatihan terhadap penanggulangan bencana. Hal itu, baik bagi seluruh karyawaan UMY, mahasiswa maupun masyarakat.

Gunawan mengingatkan, wilayah kampus UMY merupakan kawasan yang rawan bencana, seperti ancaman Gunung Merapi, dan persoalan saat ini ialah banyak banyak masyarakat yang mendiami daerah bencana. Oleh karena itu, dibentuk PSLB demi tingkatkan pemahaman soal bencana.

“Saya berharap dari pemberian hibah ini, MDMC bisa meningkatkan kualitas kinerjanya dan bisa terus maksimal membantu kemanusiaan khususnya di wilayah bencana yang sulit dijangkau,” ujar Gunawan.

Sementara, Ketua MDMC Budi Setiawan menuturkan, saat ini sudah ada program riset data korban jiwa, kondisi wilayah rawan bencana, kondisi fisik bangunan dan penyakit dari dampak bencana. Ada pula program riset untuk perkembangan kondisi alam.

Maka, Budi menambahkan, MDMC akan terus berkomunikasi dengan UMY terkait perkembangan kinerja dari tim MDMC. Ia berharap, dari hibah mobil yang diberikan UMY, MDMC bisa terus mengoptimalkan kinerja dan unggul dalam penanggulangan bencana.

“Baik dalam melakukan pelatihan kepada masyarakat ataupun dalam penanggulangan bencana, dan akan terus menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga kemanusiaan baik dalam maupun luar negeri,” tuturnya.

Bagikan:
.NET Sabilillah.NET merupakan media Islam yang terbentuk sebagai perlawanan terhadap hoax, bertujuan memperkaya khasanah informasi keislaman dengan Islamic World View.

No comments

Leave a Reply

Follow me on Twitter